Saturday, October 2

Be a Mom

#cuci tgn 6 langkah
Agak sedikit kaget ngeliat Akbar cuci tangan.
Duluuuu bgt, wkt dia blm genap berusia 4 thn, aku pernah ngajarin dia cuci tgn. 6 langkah cuci tgn yg diterapin di rumah sakit..
(Skrg aku yg bingung, 6 atau 7 ya ? Ahahahaha.. Ketauan, skill kemana2)

Pas ngeliatin dia cuci tgn, aku smp kaget... Bengong. Dia menggunakan 7 langah itu dg sangat baik. Semua langkahnya tepat. Smtr aku aja lupa.

Dan, stlh ditanya, "kok gitu cuci tangannya ?" Mulut mungil dan suara ekstra kerasnya pun menjawab, "bunda ini gimana, kan bunda yg ajar. Bunda dulu kan aja a'bar gitu"
#tepokjidat.

Dalam hati aku terenyuh. Dan bersyukur. Alhamdulillah !!

"Kan kalau cuci tgnnya betol, kumannya mati bunda"
Aku hy tersenyum dan mencium keningnya.

Caranya itu looooh, apalagi yg langkah terakhir, jari dirapatkan dan di arahkan ke bawah, membiarkan air mengalir membersihkan sabunnya... Dia lakukan dg sempurna. Aiiiiih. Amazing bangeeeeet. Subhanallah !!

#twin
Ini masalah yg cukup absurd klo utk aku. Cuma bs geleng2 kepala dan terdiam.

Akbar sangat terobsesi dg hal ini. Adik !!

Pulang sekolah dg muka kepanasan, keringat yg mengalir. Ditambah baju kurung lengkap berwarna orange gonjreng, kain samping merah tua, dan kopiah. Baju kurung seragam sekolah. Dia teriak spt biasanya, "bundaaaaaa".

Aku yg ga nyangka dia pulang cepat, yg kebetulan duduk manis di depan laptop pun menoleh kaget. Segera beranjak, menghampirinya. Menyambutnya pulang.

"Bunda, masih lama ndak py ayah barunya ?"
Tanyanya.
Dasar Akbar itu sgt beruntung punya ibu yg ekspresif abis. Aku pun mangap dg polosnya. Tiba2 impuls2 syaraf di otakku berjalan slow motion. Mata berkejap2.
Akhirnya, aku berhasil mengendalikan diriku, "kenapa nak ?"
"Cepatlah py ayah barunya, A'bar mau punya adek ni. 2 ya bunda, kembar !!"
Kembali proses yg sama, impuls saraf bergerak lambat.. Rasanya pgn teriak. Kembar ??? Aaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Kebayang deh. Tidak. Tidak. Tidak.

"Kita sama2 berdoa ya, sayang. Supaya dapat ayah baru yg tepat dan sayang sama kita."
"Tp yg cepat supaya bs dpt adek ya, bunda...."
Dan bunda pun tersenyum manis. Bgtu Akbar berlalu, aku menghembuskan nafas panjang. Garuk2 kepala.

Anak kecil dan semua keluguannya.
Ayah baru, adek, skrg kembar pula !! Hope Allah make ur dream come true, Akbar.

Inipun bisa dia crtkan sama byk org... x_x

#tulisan tangan Akbar
Aku py job yg lumayan ajaib akhir2 ini. Sok idealis. Aku py keinginan utk mengajarkan Akbar membaca dan menulis. Melancarkan maksudku.

Huruf kapital, sampai huruf kecil. Bgtu jg dg membaca. Dua sampai tiga suku kata.

5 hari belajar, dan setelah diperhatikan. Tulisan anak gw bangus jg tyt. Mungkin krn gw yg ngajarin kali ya. Huruf 'a', 'b', 'e', 'g', 'k mirip bgt sama tulisan tanganku. Hy versi anak kecilnya yg membedakannya.

Aku termasuk, hrs mengajari ulang cara menulisnya. Direvisi ulang. Bo, tolong ya.. Walaupun py akte 4 utk ngajar... Susah euy. Smp buka2 teknik mengajar dan psikologi pendidikan segala.

Menganalisa karakteristik type belajarnya Akbar. Kayanya dia type visual. Dia bisa hafal letak, bunyi dan bentuk. Utk matematika, aduh.. Urusan itung menghitung, sptnya di step berikutnya. Yg ini boleh tahanlah.

Ckckckckck,
Kemampuan anak kecil blj memang hebat. Hanya saja, aku ga suka cara Akbar memang pensil. Tp sudahlah, bs diabaikan.

#sertifikat mengajar
Ya, aku tahu... Itu lisensi utk mengajar kebidanan. Tp mau ga mau, dg itu, pastinya spt ditantang utk bisa mengajari dia. Punya ilmunya lah. Karakteristik siswanya ini yg tidak ada di mahasiswa. Anak usaia 5 thn 9 bln e.

Smp stress dibuatnya.

"Kamu jgn idealis deh, nie. Kamu itu diajarin utk ngajar org dewasa, bukan anak kecil" kata mama.

Aku paham. Ngerti. Tetep aja, aku ngerasa... "Kenapa ga bisa ??" Dalam hati. Keukeuh ingin ngerasa bisa.. Tyt mmg butuh kesabaran ekstraaaaaaaaaa. Ada yg berbeda sama Akbar. Dia tidak tahan ditekan. Smtr aku kebalikannya. Tp setelah dijalani, tyt tdk spt itu juga. Ingat sistem "reward"... Tyt itu berjalan. Alhamdulillah...

Hy saja aku berhadapan dg ketidaksabaranku. Nengnong !!!

Kombinasi yg bagus !! Belajar sabaaaaar. Hahahahahaha....

Bundanya mmg suka tantangan. Semakin tertantang, semakin merasa utk bisa. Walau sempet kalap dan putus asa. OMG !! Bunda gitu loh, Bar !!!

#don't worry be happy
Siapa bilang jd ibu gampang ?
Ada saat2nya otakku benar2 kelimpungan mencari solusi.

1. Mengadaptasi gaya pengasuhannku. Dari mama dan aku kan ttp ada perbedaan.
2. Habbit makan Akbar yg sama parahnya sama aku.
3. Membantunya belajar...

Makanya, sampe ga masukin lamaran atau bertemu dg org Akbid sini sesuai wkt yg telah aku rencanakan. Tinggalkan dulu semua. Fokuuuus dulu deh !!

Rumah adalah sekolah pertamanya !!
Apalagi single mom model aku. Kadang berbenturan dg sifat perfeksionis dan idealisku. Mak jang, tertatih2.

Makin aku ga tenang, makin gawat dan berbahaya. Makin aku tertekan, ini berefek lgsg ke Akbar. Ga mau smp terjadi masalah utk dia di kemudian hari.

Single parent, tekanan mmg lbh tinggi. Setiap masalah hrs dihadapi sendiri. Ttp bukan berarti aku hrs merasa spt itukan ?? Utk Akbar, aku ga mau itu terjadi.

Sooooo,
Don't worry be happy. Tau kapan wkt utk mundur, tau kapan butuh relaksasi, kapan utk mundur. Siapa bilang aku ga bisa ??

Nyantai, tp serius.
Play hard, study hard. Klo wktnya main, ya mainlah sepuasnya. Bgtu belajar, ya belajar. Susah klo habbit ini ga ada. Kebiasaan utk belajar. Apalagi, wkt yg dihabiskannya utk blj cukup panjang. Hrs ada keseimbangan antara LOGIKA, RASA dan KREATIFITAS...

Oooough, Alhamdulillah... Allah sayang sama Aku. Malah jd tertantang utk semua itu.

pdhl hati ini udah kemana2, kepala rasanya sampe penuh. Baaaah, untungnya semangat itu ttp ada.

Don't worry be happy.
Aku jd belajar utk memanage jika sesuatu yg aku inginkan tdk berjalan spt yg aku inginkan. Belajar utk tdk merasa down, dan stress. Woooow, rasanya... Nano2. Proses mana ada yg mudah. Sadarkah ??? Bahwa di sanalah kenikmatannya. Bgtu proses itu udah lewat, menjadi tidak seseru prosesnya. Ahahahahaha... Mencari tantangan baru lagi lah si bunda mu ini, Bar. Dasar....

#be a mother
Hahahahahahahahahahaahaha...
Pasti bisa lah. Senia gitu loh, ngeluh2... Cengeng2... Marah2...
Itu karena faktor manja aja. Iya, akunya yg manja. Pdhl bgtu dijalani, malah keasyikan.

Jadi inget Evi yg lg hamil deh.
Dia pernah ngomong, "kamu sebenarnya py solusis dari setiap masalahmu. Hanya saja kamu pgn didengerin *alias caper*. Tinggal di arahin dikit aja. Kamu punya semau solusinya. Tp repot2 mencarikan solusi buatmu. Cukup dengerin, arahin dikit. Selesaiiii."

:)
Iya juga ya. Aku cuma cari perhatian doank. Karena sikap manjaku itu.  Bahkan masih ingin ttp manja. Ga ada salahnya, kan ??

Wow,
I love my life !! Bener2 berwarna sekaleeeee...

How about u guys ?
Enjoy all the process... When stuck, recharge u energy for a moment. Than, do it again. And rocking the world that u hv been. It's FUN ^^

What next ??
I hv a list in my hand, lot of I must to do. Akbar is the biggest part of this, cos I wanna be together with him. Kerjasama antara aku dan Akbar hrs ada. Ini yg hrs dilatih. *jreng jreng jreng*... Itu baru salah satunya doank. Masih ada sederet lainnya. Hahahahaha....

Nikmati dan bersyukurlah...
Semua rasa dan moment ini ga bs dibeli dan digantikan dg apapun.

See u soon,
Let's rocking the world, pals



.... Senia Ikayani ....
24 September 2010

1 comment:

Anonymous said...

membaca tulisan ini, satu yang terlintas di benak gwe :
"iya ya...Senia itu seorang Ibu!"

Hahaha, maaf, maaf, bukan berarti lo tidak terlihat sebagai layaknya seorang "Ibu". Tapi justru lo hebat, bisa menjadi seorang Ibu yang hebat sementara tetap berjiwa muda. Soccer mom, you are! ;)

keren?
ya iya laaah..calon besan gwe gitu!
hahha!