Wednesday, September 22

Standart pendidikan Indonesia

Huuuft, bleber gw hari ini.
Gw ga perduli deh.

God !!
Setelah gw perhatiin, gila standart pendidikan di negara kita saat ini. Unbelieveable !! Semakin tinggi dan semakin sulit. Tidak sesuai dg standart perkembangan anak.

Bayangkan masuk sd, buku cetaknya sudah hrs bs baca. Sampai kaget. Sudahlah anak ini sedang belajar utk membaca, gurunya menggunakan singkatan. Bagaimana ini ?? Manalah anak itu mengerti singkatan2 itu.

TK adalah bermain dan belajar. Mereka belajar utk bersosialisasi. Bagaimana berbagi, bagaimana berteman, budi pekerti awal.

SD adalah fase belajar awal. Di sinilah penekanan awal dimulai. Belajar membaca, belajar menulis, belajar berbahasa yg baik berbarengan dg belajar membaca. Tp apa yg terjadi, mereka dipaksakan sudah mampu utk membaca. Seingat gw, kelas dua sd dulu baru gw dptkan. Begitupun belajar berbahasa inggris.

Ternyata fase itu naik. Sampai terbelalak dibuatnya. Karena mmg Akbar baru dpt buku cetak wajib.

Bagaimana ini ?
Tuntunan jaman memang meningkat, tp setidaknya pemerhati pendidikan dan pemilik kebijakan pendidikan tidak seperti ini. Mereka tunas2 bangsa, kalau memang yg mampu tidak jd masalah, bagaimana yg sedikit terlambat ? Tidakkah dipikirkan dg perkembangan mental mereka, secara psikologis.

Yg lbh parah,
Ada salah satu sekolah dasar, yg perekrutan muridnya ada serangkaian tes. Dan terdapat tes bahasa inggris. Utk gw GILA !! Wong bahasa indonesia aja blm bener, ini bahasa inggris. Aduh tolong.. Don't push them like that.

Antara TK dan SD tidak ada kordinasi yg baik. Dlm artian, TK tdk menekankan anak lulusan TK utk sudah bs menulis dan membaca. Sedang SD, kelas 1 saja mereka dipaksakan sudah mampu membaca. Dimana titik temunya ?

Ada bbrp hal yg hrs dan tidak, ttp disesuaikan dg kemampuan anak2 dan perkembangan psikologis mereka.

Kalau di jaman orgtua ku sd saja, mereka bilang jaman aku sd saja sudah jauh lbh berat dibanding mereka. Tp hasilnya, ilmu mereka jauh lbh melekat. Seperti geografi mereka jauh lbh baik, aljabar dan aritmatikanya jg bgtu.

Banyak pihak yg tak berkepentingan mengambil keuntungan dari seni. Nilai luhur guru jg dipertanyakan ? Utk gw...

memang sumber daya manusia kita ini mmg sudah obrehong... Apa mau dibuat tambah obrehong ? Please deh... Sudah2lah kecacatan moral yg ada di negara kita. Mau jd apa bangsa ini ??

Eeeeerrr,
Hv change my planning for Akbar. He can't stand if that system to hard like this. Means, I don't wanna he study to hard right now. Not this time...

Hope Allah blessing me and u, guys ^^
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: