Friday, June 25

Cerita Sore

Kenapa cerita sore ??
Karena nulisnya sore2 sblm adzan magrib berkumandang...

Oia, Anie udah cerita blm hari ini mau ketemuan sama Indah. Klo blm, ya mohon maaaaap.

Singkat cerita. Indah itu tmn dari SMP sampe SMA. Temen deket, temen main, plus temen cerita. Kita sempet berantem, dan diem2n selama 4 tahunan. Kita baru baikan 1 thn belakangan ini.

Anie pulang sbnrnya adl wkt yg sangat ditunggu2 dia untuk berbagi dan bercerita ttg segala hal yg tidak bisa dia bagi dg orang lain. Makanya dia sempet marah banget anie ga ngehubungin dia pas balik kmrn.
Dia bercerita ttg pernikahannya. Dan tiba2 anie menjadi terdiam. Ga bisa mensuggest apa2. Hanya sebagai pendengar yg baik. Dengan emosi dan air mata yg berlinang, dia mengungkapkan semua uneg2nya.


"Kalau aku salah, bimbing aku !! Jgn dipojokin."
Itu kata2 yg selalu dia ucapin.
"Kami ga bisa berkomunikasi dengan baik."
Got the point..

Padahal usia perkawinan mereka sudah masuk tahun ke 5. Wow !! Dan dengan 1 anak laki2 yg laki2 banget. Td anie sempet kena tonjok. Asoy geboy2 rasanya.

Komunikasi ??
Huuuuft, di kuliah sebagai calon dosen dan bidan dulu, anie selalu diajarin ttg komunikasi, intrapersonal kah, interpersonal atau komunikasi massa. Sampai ada mata kuliah khusus ttg ini. Sampai muntah jg belajar dan ikut praktikumnya..

Komunikasi adl sesuatu yg menghubungan antara manusia dan manusia lainnya. Agar mereka bisa memahami satu sama lain. Baik secara lisan ataupun tulisan. Dari skala kecil, org per orang, maupun skala besar, orang dan massa.

Terlihat mudah sebenarnya dan sepele. Tapi pada kenyataannya sulit juga diterapkan. Apalagi kesalahan dalam proses ini sendiri bisa menyebabkan perpecahan atau malah perang.

Pernikahan ?? Yg lbh mudahnya hubungan deh.
Dua orang manusia yg berbeda. Selayak manusia mereka mempunyai otak dan pemikiran masing2 yg tidak bisa dikontrol atau diatur oleh orang lain. Manusia adalah pribadi tersendiri, dan mempunyai jalan pemikiran sendiri. Karena itulah yg membuat setiap manusia itu berbeda dan unik. Tidak ada satupun manusia itu yg sama persis. Tidak ada.

Pernikahan, menyatukan kedua manusia dengan segala keunikannya. Apakah mereka punya tujuan yg sama ??
mungkin itu tidak pernah ditanyakan. Kalau tujuannya menikah TITIK. Itu bukan jawaban. Krn ada pertanyaan lanjutan. Pernikahan yg seperti apa ?? Rumah tangga yg seperti apa ?? Bagaimana caranya untuk mencapai tujuan itu ? Apa saja yg harus dilakukan ?
Dengan satu tujuan dan arah yg sama aja belum tentu tanpa hambatan.

Nah disinilah kunci si komunikasi itu sendiri. Tanpa komunikasi yg baik, semua itu seakan omong kosong. Sampah.

Melihat kejadian itu, anie jadi mikir sendiri. "Kok gw jd takut ya ??"

Kenapa takut ??
I hv a big ego !!! Klo bertemu dg org yg egonya dibawah anie, Anie sendiri yg bosen. ttp karena perempuan anie merasa anie yg hrs dibimbing. Klo ketemu yg egonya tinggi, anie yg mental.

Akhirnya anie tau,
Harus ada rasa saling. Saling mengurangi ego masing2. Utk satu tujuan itu. Komunikasi dengan kepala dingin setiap perbedaan yg ada. Apapun itu. Dua ke'aku'an, menjadi 1 ke'aku'an dengan tujuan yg sama.
Kalau yg satu meledak, yg satu menyejukkan. Kalau yg satu membeku, yg lain menghangatkan.

Sampailah pada akhir cerita,
Adzan sudah berkumandang kencang menunjukkan waktu shalat magrib telah tiba.
Indah bercerita kurang lebih selama 2,5 jam. Begitu pamit pulang. Anie peluk dia. Dan mengatakan 'sabar ya, sayang'. Aaaaaaaaaaaa, dia menangis lagi. Dia pun membalas pelukan itu. Dengan sebuah pelukan, berharap bisa menguatkannya. Dan mengungkapkan padanya, bahwa semua hal ini pasti terlalu dengan baik.

When someone touch u not with their hands, but with their heart.. It's gonna be different, and priceless.

Kadang manusia suka lupa dengan apa yg diinginkannya. Kadang manusia lalai dengan inti dari semua pencahariannya.

Dimulai dengan sebuah ketulusan, Insya Allah... Semua akan mendapatkan yg terbaik. Amiiiiin.

.Senia.Anie.

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: