Saturday, June 5

Tipe 9 Eneagram

Pernah tau eneagram ??

Gara2 temen gw ikutan kuis itu d FB, gw jadi ngebuka ulang tu kuis dan bukunya. Ga nyangka dia juga tipe 9. Yg berbeda, kembang sayapnya dan panahnya. Sepenuhnya gw sama dia, sama2 satu tipe.
Trs gw baca bukunya. Byk yg menggelitik

(1)Jika mendapati masalah, mintalah teman anda utk mendengarkan masalah anda tanpa memberi nasihat. Hahahahaha. Gw banget...

(2) Kadang2 tipe 9 bahkan menunda untuk memuntahkan kemarahannya yg membuat darahnya mendidih !!
Contohnya : wkt dikhianati, dia akan melepaskannya, dan mengatakan 'kuharap dia bahagia'. Beberapa tahun kemudian.. 'Kubunuh dia'
Hahahahahaha, gw banget juga. Sok mendoakan, tyt kamuflase. Bgtu dia buat kesalahan lagi, bah langsung gw cincang sampe abiiiiis. Sadis !!!

(3) Kalau ngikutin indikator tipe Myers-Briggs, gw termasuk ENTP atau bisa juga ESTP. Pekerjaan yg sangat cocok diantaranya ilmuan, paramedis, dst... Hahahahahaha, gw paramedis, halllllloooooooow

(4) ENTP atau ESTP utk tipe 9 adalah sesuatu yg jarang ditemui.
Oh My God !!! Anehnya saya. Tapi ga papa jangan cemas. Saya suka utk menjadi sesuatu yg tidak biasa, hahahahaha

(5) Yg terburuk dari tipe 9, salah satunya pasif-agresif »» memusuhi secara tidak langsung :p

(6) Ternyata ada 3 subtipe lainnya: nafsu, menyatu, partisipatif/ tidak partisipatif.
Gw baru tau... Etdah !

(7) pada saat ada kecelakan, tambakan mobil dengan mobil. Tipe sembilan akan mengatakan, "tenang semau AKAN baik2 saja"
God, itu mah gw bangeeeeeet. Hahahaahahaha

(8) Tipe 9 biasanya memiliki gaya yg cenderung konservatif, cenderung menyangkal perasaannya, menerima segala sesuatu apa adanya, menjauh atau menenggelamkan diri dlm aktivitas lain jika diabaikan, senang berkumpul dlm wkt lama, cenderung berceloteh.
Baru ngeh.. Kok bisa sih ?? Dan ini bener2 bener :p

(9) Tyt tipe 9 itu mempunyai masalah dlm mengungkapkan rasa marah, dan keteraturan. Hah ??

(10) Tipe 9 yg sehat dikenal karena kepribadian mereka yg relaks, tenang dan tidak menghakimi..
Sudahkah saya merasa rileks ??

(11) Camkanlah bahwa dibawah tekanan, mereka memberontak, uring2n atau mengeluh !!
God !! Gw lagi :p

(12) Dukungan ekstra utk tipe 9 adl dengarkan mereka. Himbau mereka utk menetapkan tujuan dan prioritas mereka.
Kaaaaaaan !!! Sayah memang bermasalah dg hal ini. Lagian semua kuis yg gw lakukan, ada bbrp kesamaan. dan gw akan mengatakan 1x lg, 'gw cuma minta ditemenin dan didengerin kok, ga susahkan ???'
Hahahahahahahaaha

(13) Saya senang mendengarkan dan melayani, jgn manfaatkan ini. Kalau dimanfaatkan keluar pasif-agresifnya. Hahahaahahahaha

(14) Karir: cenderung pada situasi kerja yg terstruktur, spt milter, pegawai negeri dan birokrasi lainnya.
Tidaaaaaaak, kenapa begini sih ?
Emg gw cocok ya jd anggota militer, gileeeeee !! Muka dan sifat mendukung. Sangar !

(15) Hindarilah bersikap seolah-olah segalanya baik2 saja, pdhl tidak demikian.
Ampuuuun, betapa seringnya gw melakukan kamuflase ini. Dan hal ini pastinya dipengaruhi oleh ENTP gw. Thinker. Gw ga mau terlalu berlebihan dlm menghadapi segala sesuatu. Dan easy going. Walau kadang kalau mengambil panah 6, gw pasti dah panik ga jelas.. Hahahahahaha

(16) Singkirkan segala hal yg tidak anda inginkan utk memahami apa yg anda inginkan.
Beugh.... Gw suka lupa. Makanya kdg suka bingung ngambil keputusan. Keluarlah plin-plan, dan sederet penyakit lainnya. Ahahahahahaha

Tunggu,
Sayap gw itu : sayap 1 dan 8, si perfeksionis dan si pejuang.
Panah gw : 3 dan 6, si pengejar prestasi dan pencemas.

Kalau dikembangin bisa jadi bagus deh.
Wow menyenangkan !!!
Mulailah dengan menulisnya...

Cari binder, cari binder, lakukan skrg juga !!

Afirmasi :
Gw yakin, gw yakin, gw yakin, gw yakin dg apa yg gw yakini. Termasuk utk yg satu itu
*tersipu malu
:p

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

2 comments:

Anonymous said...

apa sih eneagram sen???
ko menarik...

Unknown said...

cek di sini, yo
http://www.9types.com/

lumayan, utk tes kepribadian. ntar bisa dicompare sama ENTP, ESTP dan sejenisnya