Wednesday, January 13

Surat untuk saudaraku

Bgtu byk yg terjadi d keluarga bsrku saat ini.
Ada yg hamil
Ada yg mau nikah
Ada yg heboh pacarannya
Ada yg bercerai dg usia yg sangat muda, it's me
Ada yg baru saja ditinggal suaminya, he's dead.

Terkadang aku bertanya,
Apa sih yg dcari dari sebuah pernikahan ??
Klasik ya pertanyaannya.

Tp ga segampang itu kamu menjawab pertanyaan ini.
Kalau kamu menjawabnya dengan, 'dia yg aku cari.'

Aku akan bertanya lagi,
'Memangnya apa yg kamu cari ?'
Kalau kamu menjawabnya,
'Dia ada pada saat aku butuh dia ada.'

Aku akan kembali bertanya,
'Memangnya apa yg kamu butuhkan pd saat itu ??'

didengarkan ??
Sahabat pun bisa, teman ada, ibu tentu saja.

Sentuhan ?
Jablai amat sih.

Dimengerti ?
Hy pada saat itu saja. Kalau lg ga dibutuhkan. Dia ttp semaunya.

Apa ???
Jelaskan buat aku mengerti alasanmu

Apa kamu mengenal dirimu dg baik ?
Hahahahahahahahaa

Ironi
Perkawinan bukan hanya sehari atau dua hari. 1 bulan atau 2 bulan. 1 tahun atau 6 tahun (sptku). Jangan menjawab dengan kalau tidak bisa dpertahankan mau bagaimana lagi. Itu jawaban bodoh. Toh pernikahan yg dilakukan adl keinginanmu, bukan paksaan dari pihak manapun. Semua itu ada dtanganmu, sayang.
Kamu pikir mudah bagiku untuk memutuskan utk bercerai. Tidak segampang itu. Pdhl tidak ada cinta di dalamnya. Kalau sayang, jelas aku menyayangi seseorang yg selama 6 tahun menjadi teman sekamarku. Berbeda dengan kamu.

Teman sekamar ??
Istilah ajaib ya ?
Jelas donk, teman itu tidak akan melewati garis. teman sekamar itu hy berbagi kamar bersama. Bayangkan, bangun pagi sama2, jam 7 udah pada keluar dg kegiatan masing2. Saat aku tidur, dia baru pulang. Tiba2 hari sudah pagi lagi. Dan kembali kerutinitas semula. berbicara kalau butuh. Sms kalau penting. Telpon hanya basa basi. Ngurusin urusan masing2. Satu sama lain tidak tahu menahu.
Cerita kalau terpaksa dan urgent.
Teman sekamar.

Aku masih ingat 1 hal yg membuat aku berang pd mantan suamiku,
Aku selalu mengatakan, aku akan selalu ada di belakangmu untuk mendorongmu kalau kamu lelah. Bgtulah yg aku lakukan. Selalu.
Tp dia hy sadar bahwa ada aku dblkgnya, kalau dia bener2 lelah. Kalau dia tidak lelah, dia lupa ada aku di sana. 6 tahun, 3x kesalahan yg sama. I have a limit.
Ingat, tidak ada cinta di sana.
Tp tidak mudah untukku untuk memutuskan perceraian. Beratku sampai 41kg.

Kalau kamu,
Karena kamu mencintainya. Akhirnya kamu akan bodoh. Bersedia melakukan apa pun asal bisa bersama. Walaupun dia menyakitimu ribuan kali. Hallooooooo, kamu mau melakukan itu ??? Tidak cukupkah generasi terdahulumu. Akankah kamu menciptakan anak yg sama sptmu. Kamu mau anakmu merasakan hal yg sama spt apa yg kamu rasakan ??

Halooooo, girls....
Apa kamu tahu apa yg dbutuhkan dlm sebuah perkawinan ??
Cinta saja tidak cukup.

Hidup ini bukan seperti dongeng.
Kadang hidup itu bisa spt mimpi buruk yg kamu buat sendiri.

Jujur,
Kalau kamu bertanya pdku, apa yg kk butuhin dr seorang laki2. Aku akan menjawabnya dengan pasti "sharing partner". Love, Life, Money, Family, Children, everythings. Tentunya aku butuh org yg lbh tangguh, krn aku akan bersandar dgnya di kala aku butuh tmp utk bersandar. Like my mom. Bgtu aku sedih, depresi, kecewa, kelelahan berlari utk mengejar cita2ku. Dia bisa menjadi pelabuhanku.

Aku juga sangat mengerti dengan kekuranganku. Tentunya aku akan mendambakan seseorang yg memahami hal itu. Semuanya. Bukan hanya aku.

Kamu tahu sepenggal kisah ttg aku. Haruskah kamu mengalami apa yg aku alami ? Smtr kamu py kesempatan utk memilih. Aku tidak mengatakan aku tidak dpt memilih. Tentu masih ada pilihan di sana. Tp pilihan yg aku py tidak sebaik spt yg kamu py pada saat ini. Aku hy py pilihan, memberontak dg masa dpn yg ga jelas atau mencoba utk menerima keadaan tp masa dpn terjamin. Usiaku jauh lbh muda pada saat itu. Toh aku bisa menggunakan otakku. Berfikir untung rugi. Tp kamu liatkan ?? Aku bisa bthn selama 6 tahun. Dan aku mempunyai alasan yg kuat utk mundur.

Tp kamu....
Kamu tahu ttg itu. Kamu tahu dari awal kalau dia tidak cukup tangguh utkmu. Tangguh utk menjadi rekan setimmu dalam melalui pahit manisnya hidup ini. God !! Tidak hy cinta, tidak cukup !!
tolong fikirkan...

@depan tv-kamar mandi-kasur
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: