Sunday, April 11

Tanjungpinang - Bintan Island


ini foto kampung halaman gw. yang ngambil foto M Yani kalau ga salah gw.
dia ngambil di salah satu sudut kota tanjungpinang, di tepi laut tepatnya.. tempat nongkrong anak2 sana deh. dulu, rute jalan2 sore gw pasti ke sini. ga heran deh kalau jaman smp dan sma gw, kulit gw menghitam dan terbakar matahari. gimana engga, setiap hari pasti suka jalan2 di daerah pantai begini. dan i love it. kesannya dulu, gaul dah !!! sekalian cuci mata. sekarang malah kebiasaan jalan-jalan sore itu malah menghilang sama sekali. gw lebih cinta rumah dan selalu di rumah kalau ga ada kerjaan.


Kemana mata memandang, pasti ada laut. gimana engga wong gw tinggal di Pulau Bintan. banyak banget
pantainya yang masih virgin dan belum terjamah. apalagi lautnya termasuk dangkal dan berpantai pasir putih. ehm, kalau yang suka laut, Bintan bisa menjadi pilihan. mau yang mahal sampe yang murah semua ada deh.

kalau mempunyai rambut merah dan kulit hitam terbakar matahari merupakan sesuatu yang wajar. karena, ya kami memang tinggal di pantai. ikan menjadi makanan wajib. kalau ga makan ikan seperti belum makan. gw aja hobby meratah ikan, makan ikan doank maksudnya. dan ikan di sini rasanya khas banget. ikan laut memang paling enak.

seafoodnya juga menjadi andalan di sini. ada blongkeng, sejenis siput laut yang tinggal di pinggir pantai. trs ada gonggong. kalau gonggong ini hidupnya di dalam pasir. duh rasanya tiada duanya. gw belum pernah menemui makanan seperti ini di tempat lain. ini sebenarnya hal2 yang buat gw kangen kampung halaman.

Tanjungpinang sendiri sebuah kota yang terletak di depan pulau penyengat. tau kan ? sebuah sastra kuno negeri ini, gurindam, berasal dari pulau ini. kalau mau liat isi gurindam ada di posting2 gw sebelumnya.


kota gw ini lebih tepatnya disebut kota China. duh banyak banget chinanya. dari yang keren sampe yang jelek ada semua. dari yang harajuku style sampe kampring style ada semua. dan jangan salah, banyak dari mereka yang rumahnya di plantar (di atas laut gitu) tyt bisa melanjutkan kuliah keluar, overseas, banyak juga dari mereka yang menjadi warga negara asing.

Kota ini memang tidak segemerlap Batam, tapi gw tetep cinta kota ini karena homey banget. duh, masih banyak pohon gede dan teduhnya. dan banyak bangunan tua di sana. rumah yang gw tempati termasuk bangunan tua yang ada. rumah itu di bangun tahun 1928. karena di salah satu bangunannya ada tulisan tahun pembuatannya. dulunya malah dapur gw itu, didesain seperti mempunyai tungku api yang menggunakan bahan bakar kayu. tapi pada tahun 2002, dapur aneh itu dirombak abis. dan beberapa bagian kunonya memang dihilangkan. kecuali bangunan utamanya.

kota itu sebenarnya mempunyai banyak daya tarik, sayang saja pemerintah Kota sendiri belum bisa memanfaatkannya. seperti bangunan tua yang ada di sana sebaiknya dilestarikan.


salah satu jalan di sana, jalan Merdeka misalnya, di bagian ujungnya ada toko2 china yang bangunannya memang seperti bangunan cina tempo dulu. bahkan rumah2 toko itu panjangnya minta ampuuuuuuuuuuuun. gw ga boong. gw sendiri sampe kaget mengetahui panjangnya rumah itu.
dan memang bangunan di sana masih dipertahankan dengan satu alasan, harga jualnya yang tinggi dan lambang kemakmuran mereka yang tinggal di sana. karena jaman dulunya sendiri, jalan ini termasuk daerah2 elit. gimana engga bangunannya aja panjangnya minta ampun.

Nah, bandingkan dengan pulau Batam. Bintan jauh lebih besar. banyak sekali kota yang ada di Bintan. termasuklah Tanjungpinang, Kijang (penghasil bauksit>> ada PT. Antam di sana), Tanjung Uban, Lobam (daerah industri), tentu saja Lagoi. sebenarnya Lagoi bukan nama kota deh kayanya. nama daerah yang berada di bagian utara pulau bintan. hampir sebagian besarnya memang dikembangkan oleh asing. bukan sebagaian besarnya. semuanya !!

bokap gw termasuk dalam jajaran orang2 yang membangun daeran ini BP3KR kalau ga salah namanya. dan gw memang sudah menginjakkan kaki ke sana dari sebelum Lagoi sendiri ini belum dibangun. biasalah bokapkan hobby ngajak anaknya kerja. nah gw termasuk yang selalu dibawa serta. dan waktu itu bokap pernah bilang, "nie, di sini bakal dibangun hotel2 gitu. liat deh pantainya bagus banget, pasirnya putih dan ombaknya bagus." gw yang waktu itu masih kecil hanya mengangguk2 ga paham. dan bener aja, begitu beberapa resort jadi, TARA........ beda banget.

Nah resort di lagoi itu udah banyak banget. ada Bayan tree, Mayangsari, Club Med, Ria Bintan, Angsana, Sedona (sekarang udah ganti nama kalau ga salah), sol Elite (ga salah namanya begitu), duh banyak banget. gw ga bisa nyebutin satu persatu. dan rata memang resort2 besar dan mahal abis. jangan khawatir Bintan masih menyediakan buat para turis yang sedikit butuh biaya miring. seperti yang gw bilang tadi, kami kepualauan, kaya akan pantai, dan makanan laut. hehehehehe

Menurut yang terbaru sih ada 7 resort yang ada di sana. gw juga lupa. maklumlah belum tentu setiap balik gw ke sana. dan harga di Lagoi semuanya menggunakan dollar singapur. mana gw sanggup sering ke sana.

nah,
pilihan alternatif berikutnya adalah Trikora beach, ada juga Galang Batang, dan banyak daerah lainnya.


nah ini dia yang kami bilang plantar... ini ngambil dari blognya Djengkol. lah siapa dia ? EGP dah, gw minta fotonya, gan :p.

ada beberapa resort di sana yang seperti ini. kalau gambar di atas sih sptnya Kelong, atau bahasa indonesianya tambak ikan. dibawahnya ada keramba2 ikan. dan biasanya yang punya kelong ini tajir2. karena mereka mengekspor ikan2 sampe ke negara nun jauh di sana. kalau ngeliat tauke (juragan) ikan2 itu, duh biasa banget, bau amis, tapi................... salut gw dah !!!

AMPUUUUUUUUUUUUUUUN, gw baru tahu kalau di Pangkil itu ada resort juga. private resort lagi. ga kalah sama maldive. monyet !!! selama2 itu gw di Bintan, dan gw baru tahu. BT banget. suatu hari gw mesti ke sana.

gara2 liat di kaskus daaaaaaaaaaaaaaaan.... monyet, gw ga tau itu letaknya di Pulau Pangkil. dulu pangkil itu seperti ejekan khusus buat temen2 yang item banget dan kampringan abis. kalau nyebutin anak pangkil pasti kesannya desit abis. dan ternyata di sana memang ada resort.

dah ah... gw kesel banget, kenapa baru tahu sekarang.

kalau ke Bintan, jangan lupa ke Mantang juga. ga salah gw di sana ada kelong yang di tengah laut. keren abis. gw ga bohong. sayangnya gw ga ada foto2nya. gw juga masukin beberapa link Pangkil Island, dan foto2nya bisa dilihat di Kaskus. linknya juga udah disediain. tinggal liat aja.

GW MESTI KE PANGKIL KECIL BALIK INI !!!!!!

link:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1298808
http://www.pangkil.com/



NB:
pantes aja temen gw dapet tawaran kerja di vietnam sehabis kerja di sini. padahal dia hanya tamatan sma. sial!!! dia ga bilang pulau itu di pulau pangkil. yang dia sebutin entah apa namanya kemaren. emang tu anak minta disembeleh. awas kalau pulang ini gw ketemu dia.
yap2 dia kerja di sana selama 3 tahun, sekarang dia kerja di vietnam. resort2 model seperti ini juga.

selain nikoi dan pangkil kecil, tyt ada 11 pulau lagi di perairan sebelah timur yang sudah disepakati oleh pemerintah daerah dan investor asing. untuk dibikin resort spt ini LAGI !!! lucu deh kamyuuuuuu. 11 pulau booooooo

apa mereka sudah melihat 7 island juga ???
kalau sampe iya, siap2 dicaplok deh.