Monday, July 5

MAMAK

Hehehehhehehe
Masih aja gw suka cengengesan ya. Tetep.. Trademark.

Mamak ??
Iya, itu panggilan gw utk mantan ibu mertua gw. Neneknya Akbar.

Td pas Akbar balik, di tasnya ada bbrp potong kue dan sambal lumat. Ehmmm, sambal lumat !!! Sejenis abon ikan, cara pembuatannya ya hampir sama kaya abon lah. Tu ikan tongkol setelah diasap, dilumat pake tangan, smp ancur. Kebayang dah tu repot dan amisnya. Mungkin ga amis kali ya. Tp ttp aja, ngebenyek2n ikan. Tangan ya jd bau ikanlah.

Sampe skrg gw masih inget wajah beliau, mungkin skrg sudah semakin tua. Wajahnya saat gw minta ijin utk mundur. Waktu itu, gw memang meminta waktu khusus sama beliau utk mengatakan hal ini sendiri. "Mak, anie minta ijin ya. Anie dah tak kuat lagi sama bang Adek"... Dan beliau berkaca2 dan menangis. Kebetulan beliau memang tahu permasalah inti perceraian gw kemaren.

Pasti kaget kan ??
Ya gw memang tidak pernah menceritakan ttg mantan suami gw di blog ini. Hampir tidak pernah. Bukan karena gw membencinya. Ga, ga pernah gw benci sama mantan suami gw. Bagaimanapun, dia kan ttp ayah kandungnya Akbar.

Kalau gw pikir2 gw termasuk keras juga deh. Hampir semua mantan pacar gw, kalau gw sudah putus, atau menyudahi hubungan dengan mereka. Dan mereka minta kembali.. Ga ada yg pernah gw setujuin. Selalunya kalau sudah berakhir, ya berakhir. Tamat utk gw. Bukan berarti tidak memberikan kesempatan kedua. Tp utk gw sendiri, menyudahi suatu hubungan termasuk sebuah tindakan yg gw fikir masak2. Walaupun gw mutusinnya karena ukuran jempol yg extra large, dan bulu ketek yg extra gondrong. Hahahahahaaha

Begitu jg dg kasus mantan suami gw. Utk gw sudah, ya sudah. Kita bisa jadi temen. Tp ga lbh dari itu. Jangan berharap lebih.

Hub gw dengan keluarga mantan suami jg cukup baik. Ga ada gontok2n atau yg sejenisnya. Pas kmrn gw ketemu mantan adek ipar gw, usianya jauh di atas gw... Kbtln dia ngejemput Akbar. Mau ngajak jalan2. gw sempet cium tangan. Secara dlm keluarga mantan suami gw, lagi2 gw yg termuda. Hahahahaha, paling imuuut.

Gw sempet ngobrol sebentar dan memeluknya. Gw bisa liat matanya masih berkaca2. Tp apa yg disedihkan jg ga tau. Ya gw peluk lagi aja. Dan gw bilang, 'anie baik2 aja kok, kk skrg kk anie, bkn adek anie lg' hehehehehehehe

Boleh percaya boleh engga. Foto pernikahan gw masih dipajang di rumah mantan mertua gw. Tau alasannya, bukan mereka ingin kami rujuk atau sejenisnya, tp karena... "Untuk mamak, anie tetap anak mamak. Nanti kalau bang Adek dah nak nikah lg, baru mamak turunkan." Ehmmm... So sweet. Begitulah sayangnya mantan ibu mertua gw sama gw. Gw jg ga tau bakal dpt lg atau engga ibu mertua yg segitu sayangnya sama gw.

Yg selalu memasakkan makanan favorit gw setiap gw dateng. Yg ga pernah nyuruh gw kerja. Ahahahahaha...

Salah satu pertimbangan yg terberat gw utk memutuskan sebuah perceraian adl mereka. Keluarga mantan suami gw baik banget. Sudah pasti perceraian ini akan membuat luka di hati mereka. Gw sampe merasa durhaka pada saat itu sama mamak. Kalau ayah (mantan bapak mertua) gw, kan lbh nyantai. Tp itu paska 2 thn beliau by pass jantungnya. Tetep aja bukan hal yg mudah buat gw.

"Mamak dah tahajud seminggu ni, kalau memang ini yg terbaek buat Anie, buat Akbar dan buat bang Adek, mamak ikhlas," ujar beliau dengan berlinang air mata.

Yapz...
Keputusan harus diambil. I hv my limit... Ada bbrp hal yg ga bs dikompromikan. Dan itu sangat2 mendasar utk gw. Dan Alhamdulillah semua sudah terlalui dg baik.

Gw py limit !!
Utk segala hal, bukan gw ga mampu bertahan. Tp gw sudah sampai pada batas gw. Utk segala hal. Selama gw masih ragu. Artinya masih ada kesempatan. Begitu gw sudah sampai pada batas gw, gw akan mengambil jalan yg mau gw ambil.

Banyak hal yg akhirnya membuat gw di posisi itu. Begitu gw merasa cukup... Cukup.. Dan cukup... Ya, sudah cukup.

Gw masih dilanda kebimbangan, tp ga begitu dasyat seperti kemarin. Sudah lbh tenang. Walau masih bimbang. Gw sudah mengembalikan semuanya pada Allah Swt. Gw berharap diberikan yg terbaik.

Kenapa ??
Bukan gw ga mau berusaha. Pada permasalahan ini, gw akan mengatakan dg pasti 'gw perempuan'. Bukan dlm artian lemah. Gw ga akan melakukan hal2 yg dpt menjatuhkan harga diri gw. Gw udah pernah sekali mengalami hal ini. Tidak 2x. I give my best pun sudah. Apakah hrs ada yg terburuk.. Gw ga tau. It's ur turn to decide. Kalau terlalu lama, melewati batas estimasi gw. Gw mundur...

Kenapa ??
Karena gw sangat menghargai diri gw. Gw menyayangi diri gw. Gw ga ingin bertindak bodoh dengan merendahkan diri gw, dan menyakiti diri gw.

Bodoh ??
Ya bodoh, sudah tahu akan tersakiti tp masih rela. sudah tahu tidak dihargai tp masih dilanjutkan. Karena itu gw agak apatis dg yg namanya CINTA. Banyak yg bodoh kalau mereka mencintai seseorang. Memaafkan setelah bbrp kali dikhianati. Apa lg pengkhianatan itu adalah sesuatu yg lengkap utk mengakhiri sebuah hub. (1) tidak dpt dipercaya (2) mempermainkan perasaan (3) TIDAK MENGHARGAI pasangan.

Bertahan ??
Bertahan demi sebuah pengkhianatan ? Hy orang bodoh yg melakukan itu. Naudzubillahiminzalik !! Tidak, gw tidak akan pernah rela utk yg satu itu. Benci banget. Secinta apapun, kalau diperlakukan spt itu, TIDAK.

Trauma ??
Tidak jg. Tp gw tau mantan suami gw sempet berkhianat. Mungkin krn gw ga cinta sama dia, gw sempet bilang, "kenalin sama bunda perempuan itu, kalau baik menurut bunda, menikahlah."
Kurang apa gw ?? Ga kurang gw rasa. I give my best. Kalau pada saat itu gw cinta sama mantan suami gw, mungkin ga akan berfikir panjang, gw SUNAT mantan suami gw utk yg kedua kali dlm hidupnya tanpa anestesi. Hahahahahahaha
*becanda
Justru akan lbh kejam dari itu.

Kesempatan ??
Gw masih memberi kesempatan dlm hal itu. Gw masih memberikan waktu. Sampai kapan ?? Sampai batas kesabaran gw habis, sampai gw merasa cukup bodoh, sampai gw merasa 'CUKUP'. Kapan itu ?? Gw ga bs memberi jwbn pasti. Tp gw yakin wkt itu pasti datang. Di saat perasaan dan logika gw menjadi satu. Cukup pantaskan dia, cukup gila kah gw bertahan, cukup layakkah dia utk gw, kalau tidak... Gw pasti akan berpaling.

Bodoh ??
Ya bodoh kalau harus terpaku di satu titik itu. I love my self A LOT. Ini bukan ego.. Tp penghargaan terhadap diri sendiri. Bgmn kita akan dihargai orang lain, jika kita sendiri tidak menghargainya.
Gw sudah memberikan wkt, dan kesempatan itu. Digunakan atau tidak, disadari atau tidak, dimanfaatkan atau tidak, itu menjadi urusan dia. Bukan gw. Dan gw tidak akan menyesal dg segala sesuatu yg sudah gw putuskan. Tidak akan.

Keep Faith ??
Tentu saja gw py itu. Yg terbaik.

Unique ?
Gw selalu ingin spt itu. Gw ga ingin biasa2 saja. Jd gw selalu bisa diingat org. Walau setiap manusia itu unik, gw akan melakukan keunikan yg ga dilakukan org lain. Spt jalan dengan dua tangan, makan dengan kaki, bernafas dengan telinga. Hah ??
*becanda
Gw pernah mengatakan, gw bisa menjadi apa saja yg diharapkan org tsb. Apa saja.. Dan gw merasa mampu utk melakukannya. Lover ? Mother ? Child ? Sinner ? Saint ? Angel undercover ? What else... Bukan kePDan, tp karena pengalaman yg mengajarkan gw, utk selalu bs berubah2 sesuai kebutuhan. Tapi tetap menjadi diri gw.

Mamak ??
Beliau mengingatkan gw akan banyak hal. Hahahahaha.. Dialek melayunya yg medok banget, selalu lembut dan bersahaja.

Nite world,
Nite Mak...

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: